Contoh khutbah jumat lengkap dengan doa pdf

Contoh Teks Khutbah Jumat ” Hidup Sederhana dan Sabar ” – Hidup sederhana dan sabar adalah contoh teladan Rosululloh SAW. Di Zaman serba modern dan canggih ini bukan hal yang mudah mengimplementasikan prilaku ini, gaya hidup manusia dari hari ke hari yang semakin jauh dari sikap sederhana contoh khutbah jumat lengkap dengan doa pdf manusia lebih jauh dari Tuhannya.


Gaya hidup bermewah-mewahan cenderung dengan pemborosan, pemborosan lebih dekat dengan kebangkrutan. Maka sikap sederhana adalah jalan untuk kita menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Di zaman yang serba digital ini, sikap sederhana bukanlah sesuatu yang oleh kebanyakan orang diperlihatkan, tapi justru sikap bermewah-mewahan, hedonisme dan menghambur-hamburkan uang adalah trend masa kini yang sangat sulit untuk diterapkan. Terlihat dari beberapa orang yang sukanya berlibur ke luar negeri, membeli barang-barang mewah, memakai pakaian yang harganya jutaan rupiah, itu menjadi bukti merosotnya nilai akhlakul karimah.

Menjadi tugas kita bersama untuk mengingatkan saudara kita supaya dari usia dini kita menerapkan sikap hidup sederhana dan sabar. Sederhana dalam berprilaku, penampilan dan sikap menjadikan air muka seseorang akan semakin kharismatik.

Sabar dalam segala hal, baik sabar dalam melaksanakan ketaatan pada Alloh, sabar dalam menjauhi larangan Alloh, sabar dalam menghadapi segala musibat dari Alloh itupun harus kita tanamkan dalam diri supaya hidup ini lebih indah. Wahai kaum muslimin,bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa. Ketahuilah bahwa hiasan yang paling mulia bagi seorang muslim adalah pakaian takwa.

Karena itu,takwa haruslah menjadi sikap hidup dari pribadi seorang muslim yang merupakan manifestasi imannya. Orang yang takwa tidak akan mudah terombang ambing oleh rayuan kemewahan dunia. Hidup mereka tidak larut menuruti nafsu dunia semata, tetapi senantiasa mengenal batas-batas dan tuntunan hidup yang telah diajarkan oleh agama.

Yaitu mencari kehidupan dunia untuk ibadah kepada Allah, kemudian menjalani hidup dengan kesederhanaan dan sabar menghadapi cobaan. Wanita-wanita,anak-anak,harta yang banyak dari jenis emas,perak,kuda pilihan,binatang-binatang ternak dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik. Ayat diatas menegaskan bahwa kecintaan dan kecenderungan manusia terhadap keindahan dan kesenangan kehidupan dunia adalah sunnatullah sebagai hiasan yang telah diciptakan oleh-Nya.

Kita pun sadar bahwa sebagai manusia kita cenderung untuk memiliki dan menguasai kenikmatan-kenikmatan duniawi, yang menyebabkan adanya keharusan berusaha dan berikhtiar. Namun semua itu harus disadari niat dan keikhlasan untuk dijadikan sarana beribadah kepada Allah dan mengingat akan hal terakhir yang akan dialami manusia,yaitu kematian. Allah-lah tempat kembali yang baik.

Hadirin sidang Jum’at yang berbahagia. Tetapi Allah tidak membebaskan mereka untuk menghambur-hamburkan kekayaan sesuka hatinya.

Mereka diajarkan untuk menjaga jangan sampai besar pasak daripada tiang, pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Orang yang hidup sederhana harus dapat mengendalikan kekayaannya untuk dinafkahkan kepada keluarga dan orang-orang yang berhak menerimanya,sebagaimana perwujudan kasih sayang sesama hamba Allah.

scroll to top